BERITA BOLA

Tumbangkan City, Shakhtar Lolos

Duniabola99.com – Shakhtar Donetsk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Klub Ukraina itu memastikannya lewat kemenangan atas Manchester City dengan skor 2-1.

City tampil dengan banyak pemain pelapisnya pada laga di Metalist Stadium, Kharkiv, Kamis (7/12/2017) dinihari WIB. The Citizens memang tak perlu memburu apa-apa karena mereka sudah dipastikan menjadi juara grup.

Meski mendominasi penguasaan bola, City tumpul ketika menyerang. Sebaliknya, Shakhtar mampu membangun serangan-serangan yang berbahaya.

Tim tuan rumah unggul 2-0 di babak pertama melalui gol Bernard pada menit ke-26 dan Ismaily pada menit ke-32. City mencoba membalas pada paruh kedua, tapi baru bisa mencetak gol di injury time, itu pun lewat tendangan penalti, yang dilesakkan oleh Sergio Aguero.

Dengan hasil ini, City mengakhiri fase grup sebagai juara Grup F dengan 15 poin. Shakhtar menyusul sebagai runner-up dengan 12 poin.

Jalannya Pertandingan

City mendominasi penguasaan bola, tapi tak bisa menciptakan peluang sama sekali dalam 20 menit pertama. Sebaliknya, serangan-serangan Shakhtar lebih berbahaya.

Ancaman pertama Shakhtar datang pada menit ke-21. Tembakan Marlos mengarah ke gawang, tapi Ederson dengan sigap menangkap bola.

Bernard membawa Shakhtar memimpin 1-0 lewat golnya pada menit ke-26. Tembakan melengkung pemain bernomor punggung 10 itu menghunjam ke pojok atas gawang City tanpa bisa dijangkau Ederson.

Beberapa menit kemudian, Bernard berpeluang mencetak gol lagi. Tapi, kali ini tembakannya bisa dimentahkan oleh Ederson.

Shakhtar memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-32 lewat gol Ismaily. Gol ini berawal dari umpan panjang yang dikirimkan Marlos kepada Ismaily. Ederson keluar dari sarangnya, tapi dia justru melakukan kesalahan yang membuat Ismaily tinggal menghadapi gawang kosong. Ismaily pun tanpa kesulitan mencetak gol.

Peluang terbaik City di babak pertama datang pada menit ke-42. Umpan terobosan Phil Foden membuat Gabriel Jesus langsung berhadapan dengan kiper Andriy Pyatov. Tapi, aksi Gabriel Jesus dihentikan oleh Pyatov.

Beberapa saat sebelum babak pertama rampung, Shakhtar mendapatkan dua peluang lain lewat Taison dan Facundo Ferreyra. Tembakan Taison masih melambung, sedangkan sepakan Ferreyra digagalkan Ederson.

Saat turun minum, Shakhtar masih unggul 2-0.

City mencoba untuk langsung tancap gas di babak kedua. Leroy Sane mendapatkan kans, tapi tembakannya meneruskan umpan silang Bernardo Silva bisa diantisipasi oleh Pyatov.

Tak berselang lama, Shakhtar punya kesempatan untuk mencetak gol ketiga. Taison dengan bebas melepaskan tembakan voli, tapi arah tembakannya masih melambung.

Karena tak kunjung mencetak gol, City menarik keluar Fernandinho dan memasukkan Aguero. Tapi, mereka tetap kesulitan.

Gabriel Jesus nyaris menjebol gawang Shakhtar di menit ke-80. Tapi, tembakan jarak dekatnya cuma mengenai tiang gawang.

City mendapatkan hadiah penalti di injury time menyusul pelanggaran Bohdan Butko terhadap GabIel Jesus. Aguero sukses memaksimalkan penalti tersebut setelah eksekusinya menggetarkan gawang Shakhtar.

Namun, minimnya waktu tersisa tak memungkinkan City untuk mencetak gol penyama. Mereka pun harus mengakui keunggulan Shakhtar.

Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk: Pyatov; Butko, Rakitskiy, Ordets, Ismaily (Azevedo 64′); Fred, Stepanenko; Marlos (Kovalenko 82′), Taison, Bernard; Ferreyra (Khocholava 89′)

Manchester City: Ederson, Danilo, Mangala, Adarabioyo, Fernandinho (Aguero 70′), Foden, Yaya Toure, Guendogan, Bernardo, Sane (Diaz 62′), Gabriel Jesus

 

Berita Terkini :