BACA BERITA BERITA LUCU,UNIK & INSPIRASI Gaya SEKILAS BERITA

NASA Kembali Abadikan Foto Mencengangkan Jupiter

Duniabola99.com –  Sejumlah foto anyar dari Jupiter kembali dipublikasikan oleh Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA). Foto-foto si planet bongsor yang ditangkap NASA kali ini terlihat begitu mencengangkan.

NASA mengandalkan wahana antariksa Juno miliknya. Foto yang berhasil diambil oleh Juno itu memperlihatkan wajah Jupiter yang cukup ‘semrawut’.

Penampakan itu disebabkan oleh bentuk awan yang bergelombang dengan skala sangat besar. Gelombang awan dalam foto itu adalah bentuk badai raksasa di Jupiter yang dinamai String of Pearls.

Jupiter sendiri adalah planet terbesar di sistem Tata Surya. Tak seperti Bumi, planet ini masih berbentuk gas dalam jumlah yang masif sehingga kerap terjadi badai dengan skala yang sangat besar.

Berdasarkan laporan The Independent, foto berwarna ini diambil oleh Juno pada 24 Oktober lalu ketika sedang terbang sangat dekat dengan Jupiter. Saat itu Juno hanya berjarak 33.115 kilometer dengan planet.

Sebenarnya foto yang sudah tampil ke publik ini adalah hasil olahan. Sebab hasil jepretan kamera Juno masih berwarna hitam putih.

NASA membuka hasil foto mentah dari Juno ke publik agar para peneliti, seniman, dan fotografer bisa mereka-reka warna Jupiter.

Foto yang ada di atas sendiri merupakan hasil olahan dari ilmuwan bernama Gerald Eichstadt dan Sean Doran setelah mengambil data mentahnya dari NASA.

Semua foto yang diambil oleh Juno tadi tak lepas dari sejumlah sensor canggih yang merekat. Wahana yang bernilai 890 juta poundsterling itu memerlukan berbagai macam sensor untuk menjelajahi medan magnet dan atmosfer Jupiter yang masih begitu asing.

Berita Terkini :