BERITA BOLA

Manchester United 2-0 Hull City: Satu Kaki Setan Merah di Final League Cup

Manchester United sukses melanjutkan momentum laga tak pernah kalah beruntun mereka, menjadi 15 laga di seluruh kompetisi. Red Devils menang 2-0 atas Hull City di leg pertama semifinal League Cup yang berlangsung di Old Trafford.

Di laga ini juga Man United bermain tanpa Zlatan Ibrahimovic, yang tiba-tiba sakit dan posisinya digantikan oleh Marcus Rashford. Pasca kemenangan ini, leg kedua akan berlangsung pada Jumat, 27 Januari 2017 pukul 02.45 WIB di markas Hull, yang butuh kemenangan 3-0 untuk lolos ke final.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Rotasi kembali diterapkan Jose Mourinho di laga kontra Hull, sekaligus mencoba memperpanjang laga tak pernah kalah Man United menjadi 15 kali beruntun, di seluruh kompetisi yang dimainkan.

Mourinho menurunkan pemain yang tidak tampil di kemenangan 4-0 atas Reading di FA Cup, seperti David De Gea, Matteo Darmian, Antonio Valencia, Paul Pogba, Ander Herrera, dan Henrikh Mkhitaryan.

Sementara Hull yang ditangani manajer anyar, Marco Silva, memainkan 4-1-4-1 mengandalkan Adama Diomande di depan. Ia menumpuk lima pemain di tengah untuk mengimbangi lini tengah Man United.

Di 10 menit pertama pertandingan pun berjalan sengit, karena Man United menciptakan beberapa peluang dengan dominasi permainan mereka, sementara Hull coba bermain efektif saat menyerang dari serangan balik.

Akan tetapi kedua tim belum mampu memaksimalkan peluang yang mereka miliki, hingga skor kacamata bertahan hingga laga berjalan 20 menit. Pergantian pertama juga sudah harus dilakukan Silva, karena Markus Henriksen cedera.

Gelandang asal Norwegia itu cedera pasca berbenturan dengan Pogba, dan digantikan oleh Abel Hernandez. Masuknya Hernandez mengubah formasi Hull menjadi 4-4-2.

Man United memang mendominasi pertempuran bola di lini tengah, namun Hull juga bermain baik dalam mengimbangi tuan rumah, bahkan, lebih berbahaya dari serangan balik.

Satu peluang mereka dihasilkan oleh Diomande saat menyambut bola kemelut di muka gawang Man United dari tendangan bebas. Onside, Diomande menanduk bola tanpa kawalan, namun, bola hasil tandukkannya hanya mengenai mistar gawang De Gea.

Di menit-menit terakhir babak pertama pun Hull sebenarnya bermain baik, karena mereka memberikan ancaman dari kecepatan Hernandez dan Robert Snodgrass. Tapi peluang yang mereka ciptakan masih dapat diantisipasi oleh De Gea.

Manchester United v Hull City - EFL Cup Semi-Final: First Leg

Begitu juga dengan kegagalan Man United mengonversi peluang dari momen yang diciptakan Henrikh Mkhitaryan, saat ia melakukan solo run melalui satu-dua pemain Hull dan memberikan bola kepada Marcus Rashford, yang gagal menjadikannya gol.

Tak pelak hingga empat menit tambahan waktu berakhir di paruh pertama, tak ada gol yang tercipta di Old Trafford.

Mourinho disinyalir akan memotivasi timnya untuk bermain dengan intensitas tinggi di babak kedua, sementara Silva boleh jadi puas dengan permainan solid timnya dan meminta mereka, untuk terus melanjutkannya di babak kedua.

Babak Kedua

Di paruh pertama, Ryan Mason dan Sam Clucas mampu menjaga kekuatan di lini tengah Hull. Keduanya mampu terus memberikan tekanan kepada pemain Man United dan memaksa mereka melakukan kesalahan. Konsistensi keduanya akan diuji di babak kedua ini.

Tak ada pergantian pemain yang dilakukan masing-masing manajer, dan di lima menit pertama paruh kedua, Man United punya dua peluang emas dari kaki Mkhitaryan dan Rooney, namun tak ada satu pun yang berbuah gol.

Peluang Mkhitaryan mampu diamankan kiper Eldin Jakupovic, sementara sepakan keras Rooney melebar di kanan gawang Hull. Namun dua kegagalan itu langsung terbayarkan dengan sebuah gol di menit 53.

Umpan silang Valencia mampu ditanduk oleh Mkhitaryan ke muka gawang Hull, dan Juan Mata yang tidak offside mampu membelokkannya ke gawang Jakupovic. 1-0 Man United unggul.

Manchester United v Hull City - EFL Cup Semi-Final: First Leg

Lima menit berselang, Mourinho melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Rooney dan menggantinya dengan Anthony Martial. Ia menginginkan kecepatan dalam permainan Man United, dan kini, Mkhitaryan bergerak di belakang Rashford sebagai gelandang serang.

Memasuki menit 70, Mourinho kembali mengganti pemainnya, menarik keluar Mkhitaryan dan menggantinya dengan Jesse Lingard. Man United kini memiliki dua penyerang sayap yang lincah, karena Mata bergeser ke posisi di belakang penyerang.

Menyisakan 10 menit terakhir dengan kedudukan yang sama, Mourinho memasukkan pergantian terakhir dan menarik keluar sang pencetak gol, Mata, menggantinya dengan gelandang Belgia, Marouane Fellaini.

Gol dari momen tak terduga tercipta di menit 87. Kelengahan pertahanan Hull membaca pergerakan Fellaini berujung gol, kala eks pemain Everton memanfaatkan keunggulan bola udara dengan menyambut umpan silang Darmian. Man United unggul 2-0 dan satu kaki Man United sudah di final League Cup.

Empat menit tambahan waktu diberikan ofisial pertandingan di penghujung laga, tak ada lagi gol yang tercipta. Man United menang di leg pertama semifinal League Cup dengan skor 2-0 atas Hull.

Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Matteo Darmian, Phil Jones, Chris Smalling, Antonio Valencia; Paul Pogba, Ander Herrera, Henrikh Mkhitaryan (Jesse Lingard 70′), Wayne Rooney (Anthony Martial 59′), Juan Mata (Marouane Fellaini 78′); Marcus Rashford

Manajer: Jose Mourinho

Hull City (4-1-4-1): Eldin Jakupovic; Andrew Robertson, Tom Huddlestone, Harry Maguire, David Meyler; Ryan Mason; Robert Snodgrass, Markus Henriksen (Abel Hernandez 19′), Sam Clucas, Josh Tymon (James Weir 90+1′); Adama Diomande (Shaun Maloney 74′)

Manajer: Marco Silva

Berita Terkini :