BERITA BOLA

Madrid Akhiri Fase Grup dengan Kemenangan atas Dortmund

Duniabola99.com – Juara bertahan Real Madrid mengakhiri fase grup dengan kemenangan. Menjamu Borussia Dortmund, Madrid tampil sebagai pemenang dengan skor tipis 3-2.

Bertanding di Santiago Bernabeu, Kamis (7/12/2017) dinihari WIB, Madrid mendominasi permainan. Borja Mayoral dan Cristiano Ronaldo membawa tim tuan rumah unggul sebelum Pierre-Emerick Aubameyang menciptakan gol balsan yang menandai babak pertama dengan skor 2-1.

Namun demikian, Madrid membiarkan Dortmund kembali dalam permainan. Setelah turun minum, Aubameyang kembali membobol gawang Madrid untuk menyeimbangkan permainan di awal babak kedua.

Kemenangan Madrid ditentukan di 10 menit terakhir permainan. Lucas Vazquez menjadi pahlawan Madrid setelah menciptakan gol ketiga.

Hasil ini tidak mengubah status Madrid sebagai runner-up grup, di bawah Tottenham Hotspur. Madrid mengumpulkan 13 poin hasil enam pertandingan, terpaut tiga angka dari Spurs. Sedangkan Dortmund di peringkat ketiga dan hanya dua poin sama dengan APOEL di posisi juru kunci.

Jalannya Pertandingan

Dortmund mulai penyerangan, namun Madrid yang berhasil melakukan ancaman. Saat pertandingan memasuki menit kedelapan, Madrid menjebol gawang Dortmund untuk memimpin 1-0.

Ronaldo menyisir sisi kanan pertahanan Dortmund sebelum menusuk ke kotak penalti untuk melakukan umpan terobosan yang diterima Isco. Bola kemudian jatuh ke kaki Borja Mayoral diselesaikan dengan sepakan dari dalam kotak.

Hanya lima menit kemudian, keunggulan Madrid bertambah menjadi 2-0. Dari sebuah umpan silang, Mateo Kovacic mengirim operan pendek kepada Ronaldo, yang diteruskan dengan sepakan melengkung ke tiang jauh. Kiper Roman Buerki sampai tak dapat bereaksi.

Dortmund perlahan mengembangkan permainannya. Di menit ke-25, Raphael Guerreiro menusuk untuk mengirim umpan matang kepada Pierre-Emerick Aubameyang. Sayang, Aubameyang gagal menjangkau bola.

Kurang dari 10 menit kemudian, Madrid nyaris mencetak gol ketiganya. Sebuah umpan lambung dari sayap kiri diterima Ronaldo yang mengirimnya kepada Mayoral. Namun, Sokratis bisa memblok.

Serangan balasan dari Dortmund. Marc Bartra menggiring bola hingga ke dalam bidang permainan Madrid dan melepaskan umpan yang disambut Aubameyang dengan tembakan melengkung. Bola masih melebar.

Mayoral hampir membuat gol ketiga Madrid. Di menit ke-42, Isco melepaskan umpan tarik yang disambut Mayoral dengan sepakan kaki kanan, tapi bola melebar tipis dari gawang Dortmund.

Dortmund akhirnya mampu mencetak gol balasan semenit kemudian. Marcel Schmelzer merampas bola dan mengirimkan umpan silang yang diselesaikan Aubameyang dengan sundulan dari dalam kotak penalti.

Dortmund memperkecil skor 1-2, yang menjadi skor akhir di babak pertama.

Setelah turun minum, Dortmund menyamakan skor 2-2 di menit ke-48. Operan pendek Shinji Kagawa diteruskan Aubameyang dengan sepakan dari dalam kotak penalti tapi bisa ditepis Keylor Navas. Bola rebound dicecar kembali oleh Aubameyang yang sukses melakukan tugasnya.

Di menit ke-63, Dortmund mengklaim penalti setelah Pulisic dilanggar saat menusuk ke dalam kotak penalti Madrid. Tapi wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran, pertandingan dilanjutkan.

Sekitar 10 menit kemudian, Ronaldo mengklaim penalti setelah ditekel Neven Subotic tapi tidak diberikan. Setelahnya, Ronaldo kembali protes setelah golnya dianulir karena dianggap offside, yang diawali dari sepak pojok.

Gelombang serangan Madrid akhirnya membuahkan hasil. Di menit ke-81, Madrid kembali memimpin dalam kedudukan 3-2 berkat gol tendangan terukur Lucas Vazquez, usai memaksimalkan umpan Theo Hernandez.

Enam menit kemudian, Dortmund membuang peluang menyamakan skor. Dari serangan balik cepat, Kagawa dalam posisi terbuka untuk menembak tapi penyelesaiannya melambung tinggi.

Peluang lain dari Madrid lewat pemain pengganti Marcos Llorente. Tapi sepakan kerasnya melebar tipis dari tiang dekat.

Di sisa waktu tidak ada gol lain yang tercipta, skor 3-2 untuk keunggulan Madrid bertahan sampai pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

REAL MADRID: Navas, Sergio Ramos, Nacho, Varane (Asensio 38′), Theo Hernandez, Casemiro, Isco (Llorente 69′), Kovacic (Ceballos 58′), Lucas Vazquez, Ronaldo, Borja Mayoral

BORUSSIA DORTMUND: Buerki, Subotic, Sokratis, Papastathopoulos, Schmelzer, Bartra (Toprak 80′), Guerreiro, Sahin (Weigl 65′), Kagawa (Yarmolenko 90+2), Dahoud, Pulisic, Aubameyang

Berita Terkini :