SEKILAS BERITA

Kasus gratifikasi Rohadi, anggota Komisi II DPR Sareh Wiyono diperiksa KPK

Duniabola99.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota Komisi II DPR dari Fraksi Gerindra, Sareh Wiyono. Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan gratifikasi yang dilakukan oleh mantan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), Rohadi.

“Yang tersebut (Sareh) akan diperiksa sebagai saksi kasus gratifikasi denga tersangka R,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Kamis (7/12).

Sebelumya, Rohadi sempat mengungkapkan ada keterlibatan Sareh kasus yang menimpanya itu. “Memang ada keterlibatan Sareh Wiyono dalam kasus ini, sisanya silakan tanya ke penyidik,” ungkap Rohadi usai diperiksa penyidik di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/6).

Rohadi sendiri terlibat tiga kasus. Mulai dari gratifikasi, suap dari pengacara Saiful Jamil, dan pencucian uang. Untuk kasus suap Rohadi telah divonis tujuh tahun penjara.

Saat operasi tangkap tangan kasus tersebut, penyidik menemukan uang Rp 700 juta di dalam mobil Rohadi. Rohadi di dalam persidangan mengakui uang tersebut berasal dari Sareh yang dulu menjabat sebagai hakim di PN Jakarta Utara.

Walau demikian, Rohadi mengaku uang tersebut merupakan pinjaman dari Sareh untuk membeli alat kesehatan di rumah sakit miliknya di Indramayu. Rohadi tidak membantah sering meminjam uang ke Sareh.

Sareh Wiyono pernah dihadirkan dalam persidangan Rohadi sekitar akhir tahun 2016 lalu. Namun, dia membantah meminjamkan uang karena tak punya simpanan sebanyak itu. Dia kemudian mengarahkan Rohadi untuk menemui pengacara Petrus Selestinus. Serah terima uang pun dilakukan di apartemen milik Sareh.

Berita Terkini :