SEKILAS BERITA Techno

Alibaba Heran Orang Indonesia Jualan di Medsos

Duniaobla99.com  – Media sosial (medsos) pada dasarnya hadir untuk menjadi sarana komunikasi baru hingga wadah ekspresi seseorang. Namun bagi Indonesia, medsos malah kerap dimanfaatkan jadi ajang jual-beli.

Fenonema yang telah menjadi ciri khas Indonesia itu membuat Alibaba heran, kenapa masyarakat Indonesia tidak jualan di platform e-commerce langsung alih-alih jualan di medsos.

“Menariknya ada sejumlah pengguna di Indonesia yang menggunakan media sosial. Memang itu tidak ideal ketika menggunakan metode e-commerce yang sudah ada karena ada sistem pembayaran, sudah terpercaya,” ungkap Vice President Alibaba Group Brian Wong di Alibaba Global Course, Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Baca Juga : Diego Costa Kini Bak Binatang dalam Sangkar

Selain itu, Brian juga mengatakan karakteristik Indonesia yang tidak ada di negara lainnya, khususnya China, yaitu masih terkendala soal pengiriman barang kepada konsumen. Hal itu dikarenakan Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Karakteristik Indonesia itu yang tak ada di negara lain, yaitu sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau. Isu logistik menjadi tantangan bagi e-commerce,” ucapnya.

Harapannya, lanjut Brian, melalui teknologi dapat menjembatani para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk menggeser dari ekonomi tradisional menuju menggarap ekonomi digital.

“Harapannya dengan teknologi menjadi solusi menjembatani 17 ribu pulau dan membangun ekonomi baru (digital),” sebutnya.

Berita Menarik Lainnya :

Erupsi Gunung Agung, Polisi bantu jaga rumah hingga ternak milik warga

Presiden Jokowi: Opini WTP bukan prestasi tapi wajib

 

Berita Terkini :