BERITA LUCU,UNIK & INSPIRASI

5 Fakta UGM yang nggak banyak orang tau, dulu kampusnya di keraton

Disiapkan acara melibatkan 7.000 orang untuk Dies Natalis pada Desember ini

Duniabola99.com  – Universitas Gadjah Mada atau yang sering disingkat UGM, merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini tiap tahunnya mampu mendatangkan ribuan mahasiswa baru. Tak main-main, lulusannya pun banyak yang menjadi tokoh penting di dunia politik, bisnis maupun hiburan Tanah Air.

Maka tak heran jika untuk berkuliah di UGM membutuhkan perjuangan yang besar. Selain standar yang tinggi, saingan yang sangat banyak juga bikin kamu harus berusaha mati-matian untuk bisa kuliah di Kampus Biru ini.

Meski sudah terkenal, tapi masih banyak fakta yang tidak diketahui orang tentang UGM. Berikut Duniabola99.com rangkum dari berbagai sumber lima fakta UGM yang nggak banyak orang tau.

1. Kampus pertama yang didirikan pemerintah Republik Indonesia.

Didirikan pada tanggal 19 Desember 1949, menjadikan UGM sebagai kampus pertama yang didirikan pemerintah Republik Indonesia setelah merdeka. Dalam peringatan Dies Natalis tahun ini, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) akan menggelar rangkaian acara yang menonjolkan kebhinekaan.

Baca Juga : 2018, Satelit Baru Berkecepatan Tinggi Akan Hadir di Indonesia

Menurut Ketua KAGAMA Ganjar Pranowo dalam jumpa pers, Selasa (5/12) kegiatan yang rencananya akan diadakan pada tanggal 17 Desember ini diberi nama Nitilaku Perguruan Kebangsaan (NPK) 2017. Acara ini dilakukan dari Pagelaran Keraton Yogyakarta menuju Kampus Universitas Gadjah Mada Bulaksumur dengan melibatkan sekitar 7.000 peserta yang terdiri dari civitas akademika Universitas Gadjah Mada, alumni Universitas Gadjah Mada, dan komunitas seni budaya baik dari DIY maupun dari luar DIY.

Ketua Panitia NPK 2017, Adji Kusworo, menyebut, ada tiga wujud kebhinekaan yang ditonjolkan dalam NPK tahun ini, yaitu pakaian adat, perjuangan pahlawan dan atmosfer kemerdekaan.

2. Dulu aktivitas UGM dilakukan di keraton.

Sebelum kampus Bulaksumur dibangun, aktivitas belajar mengajar UGM dilakukan di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Setelah pembangunan selesai, maka kegiatan tersebut pindah ke bangunan yang sekarang bernama Gedung Pusat UGM.

3. Gedung Pusat UGM adalah gedung modern pertama di Indonesia.

Ternyata Gedung Pusat UGM adalah gedung modern pertama yang dibangun di negara ini. Gedung ini memiliki tiga lantai yang difungsikan untuk kantor rektor serta pejabat tinggi UGM lainnya.

Baca Juga : Asus dan HP Ungkap Laptop Pertama di Dunia dengan Otak Snapdragon

4. Lulusan kampus ini banyak yang menjadi tokoh penting.

Banyak tokoh penting Indonesia yang lahir dari almamater kampus ini. Di antaranya adalah Presiden Joko Widodo, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, hingga pemenang Putri Indonesia 2004 Artika Sari Devi.

5. UGM sangat memperhatikan alumninya dan sebaliknya.

UGM ternyata sangat memperhatikan mantan mahasiswanya, begitu juga sebaliknya. Hal ini terbukti dengan adanya Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA). Sudah 59 tahun berdiri menjadi bukti bahwa mereka adalah bagian yang tak terpisahkan dari UGM

Berita Menarik Lainnya :

10 Momen ketika alam mulai tunjukkan eksistensi, bikin ternganga

Rilis drama baru, fans aktor Yoo Seung-ho asal Indonesia sumbang beras

 

Berita Terkini :