BERITA BOLA

​Stadion Anyar Chelsea Diyakini Akan Jadi Arena Sepakbola Termegah Dunia

Chelsea memiliki proyek besar untuk membuat stadion baru yang rencananya akan dibuka pada 2021. Berkapasitas 60.000 penonton, stadion anyar The Blues itu memakan proyek seharga 500 juta poundsterling atau setara Rp8 triliun.

Pembangunan kembali Stamford Bridge akan memperkerjakan desainer yang pernah menciptakan Bird Nest Stadium di Beijing pada 2008. Keinginan Chelsea untuk membangun stadion anyar itu pun, mendapat restu dari dewan kota di Hammersmith dan Fulham, London.

Jika semua berjalan sesuai rencana, maka Stadion Stamford Bridge berkapasitas 41.600 penonton akan dihancurkan dan dirombak, semua ini tinggal menunggu persetujuan Walikota London, Sadiq Khan.

Ketua Dewan Kota Hammersmith dan Fulham, Stephen Cowan pun meyakini stadion anyar Chelsea itu, akan jadi salah satu stadion termegah dunia dan bisa meningkatkan ekonomi Inggris, dari segi pemasukan yang didapat, terutamanya pasca periode Brexit.

“Kami akan mendapatkan salah satu stadion termegah dunia sepak bola, stadion itu akan dibicarakan dan ditulis di seluruh dunia,” ucap Cowen di Standard, Kamis (12/01).

“Di periode pasca-Brexit, memiliki uang dalam jumlah besar untuk diinvestasikan, akan jadi aktrasi yang spektakuler ke depannya dan menjadi kabar bagus bagi seluruh ekonomi Britania Raya,” sambungnya.

Pembangunan stadion baru, artinya akan menciptakan adanya pelebaran lahan dan berpotensi menganggu warga yang tinggal di sekitarnya. Kekhawatiran itu diungkapkan oleh salah satu penghuni lokal, dan salah satunya adalah sutradara film yang masuk nominasi Oscar, Michael Radford.

“Kami sangat khawatir dengan pembangunan ini, tak hanya bagi diri kami sendiri, tapi juga seluruh bangunan yang berada dekat di sekitar stadion,” ucap Radford.

“Argumen saya benar-benar akan kekhawatiran pembangunan dan kehancuran, yang akan dirasakan kami selama empat tahun – jika tidak lebih,” keluhnya.

Chelsea pun akan coba mencari solusinya dengan membuat forum diskusi, yang melibatkan warga sekitar dan berunding untuk menemukan solusinya. Namun, jika rencana ini berjalan dan dieksekusi, maka tentunya ini akan membuat status Chelsea sebagai salah satu tim paling prestisius di Eropa semakin permanen.

Berita Terkini :