BERITA BOLA

​Mangkir dari Acara Penghargaan FIFA, Barcelona Dikritik Tiga Legenda Sepakbola

Best FIFA Football Awards telah berlangsung di Zurich, Swiss, dan acara ini diadakan sebagai pengganti Ballon d’Or. Penghargaan The Best FIFA Men’s Player 2016 pun jatuh kepada megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Begitu juga dengan penghargaan lainnya seperti Best FIFA Women’s Player 2016, Carli Lloyd, Best FIFA Men’s Coach 2016, Claudio Ranieri, Best FIFA Women’s Coach 2016, Neid Silvia, dan seterusnya.

Namun, ada satu perbincangan hangat yang terjadi sepanjang acara tersebut, dan topik itu membahas soal absensi Barcelona. Sama sekali tak ada perwakilan Blaugrana di acara yang diselenggarakan oleh organisasi induk sepakbola dunia itu.

Barcelona memang sudah memberi pernyataan alasan absensi mereka, karena mereka ingin fokus melakoni leg kedua Copa del Rey melawan Athletic Bibalco dan mereka mengaku kelelahan pasca melawan Villarreal di La Liga.

Kendati demikian, tiga legenda sepak bola dunia, Diego Maradona, Michel Salgado, dan Roberto Carlos, tidak membenarkan alasan Barcelona itu. Mereka menilai Barcelona seharusnya datang – apapun alasannya – karena mereka salah satu klub terbaik dunia.

“Saya kecewa dengan (Lionel) Messi, dengan Anda menyaksikan acara dengan televisi di rumah, Anda tak bisa bertarung untuk apa pun atau siapa pun – di sini Anda bisa bertarung,” ucap Maradona, diberitakan Goal, Selasa (10/01).

“Saya tak tahu mengapa Barcelona tidak datang ke acara sepenting ini. Mereka punya prioritas, dan prioritasnya agar Leo tidak datang. Saya pikir dengan datang ke sini, mereka bisa bertarung lebih dari yang mereka lakukan di Barcelona,” tegasnya.

Dua legenda Madrid, Carlos dan Salgado, ikut mengkritik pilihan Barcelona yang tidak hadir di acara tersebut.

“Real Madrid saat ini tim terbaik dunia, jadi mungkin ini memengaruhi keputusan para pemain Barcelona. Mereka salah tidak mengirim pemain-pemain terbaik mereka,” imbuh Salgado.

“Saya tahu klub punya masalah dengan FIFA di masa lalu, tapi Barcelona harus memahami bahwa FIFA tengah berubah. Bukan begini sikap yang Anda harapkan dari salah satu klub terbesar dunia,” lanjutnya.

Sementara itu, Carlos justru ingin agar Messi belajar dari Ronaldo yang memahami pentingnya kehadiran di acara penghargaan FIFA.

“Saya sedih dan kecewa karena Leo dan rekan setimnya tidak datang. Mereka punya banyak pesepakbola dan kita semua ingin melihat mereka menghadiri acara. Kita semua ingin melihat Messi, pemain besar lainnya dan pelatih Barcelona di sini, ini penghargaan FIFA, FIFA federasi tertinggi sepak bola, jadi semuanya seharusnya ada di sini,” tutur Carlos.

“Cristiano telah belajar pentingnya acara ini dan saya pikir, Leo juga harus belajar bahwa dia harus di sini, ini harus berubah. Real Madrid juga akan bertanding akhir pekan ini, tapi mereka semua hadir di Zurich. Kewajiban untuk menang bagi kedua klub juga sama,” urainya.

Berita Terkini :