GAYA

Siapa bilang Memakai Batik Itu Membosankan? Begini Tips Padu Padannya!

Sebagai salah satu warisan leluhur bangsa, kain Batik kini mulai dikreasikan menjadi berbagai desain baju dengan mengikuti tren fashion agar dapat diterima oleh semua usia. Sayangnya, kaum muda masih agak enggan untuk memakainya karena padu padan batik dinilai monoton dan membosankan.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir lagi! Dengan tips padu padan batik berikut ini, memakai batik juga bisa terlihat trendi dan stylish.

1. Pilih style baju batik dengan desain young dan kekinian

Via – @monicatann

Tips padu padan batik pertama adalah memilih desain baju batik yang kekinian. Hal ini ditujukan untuk menghindari tampilan kolot yang monoton. Mulailah dengan memperhatikan potongan polanya. Biasanya, baju batik kekinian akan memiliki desain yang mirip dengan tren pakaian masa kini, seperti model sabrina dan jumpsuit. Selain itu, pilihlah juga warna-warna yang terang dan ceria untuk kesan fun dan muda.

2. Tabrak motif boleh, asalkan…

Via – olivialazuardy

Batik memiliki beragam pilihan motif yang unik. Nggak perlu heran jika kamu menyukai lebih dari satu motif batik. Menurut salah satu founder Populo Batik, Ba’i Soemarlono, sah-sah saja kok jika kamu ingin melakukan tabrak motif batik saat berpenampilan. Hanya saja, dirinya mengingatkan untuk tetap berhati-hati karena bisa membuatmu nggak pede saat memakainya, kecuali jika kamu memang berani dalam memadupadankan outfit. Agar nggak terkesan lebay, sebaiknya meskipun tabrak motif, pilihlah warna batik yang senada.

3. Hindari pemakaian aksesoris yang berlebihan

Via – olivialazuardy

Dalam wawancaranya bersama Duniabola99, Ba’i juga menyampaikan bahwa batik itu sudah cukup bold untuk ditampilkan. Untuk itu, pemakaian aksesoris, sebaiknya dikurangi atau bahkan dihilangkan jika memang motif batik yang kamu pakai sudah terlalu ramai. Jadi, memakai batik, itung-itung bisa menghemat pengeluaran, bukan, karena kamu nggak perlu budget khusus untuk membeli aksesoris tambahan.

4. Serasikan dengan polesan make-up

Via – Pinterest

Jika outfit batik kamu sudah oke, jangan sepelekan tampilan wajahmu juga, ya! Aplikasikan makeup sesuai acara yang kamu hadiri. Misalnya untuk acara formal seperti menghadiri pesta pernikahan, kamu bisa memoleskan makeup yang bold untuk tampilan dramatis. Sementara bagi kamu yang hanya ingin berbatik ria saat hangoutbersama teman-teman, kamu bisa mengaplikasikann makeup tipis yang lebih terlihat natural. Jangan sampai salah, ya!


Nah, dengan keempat tips jitu padu padan batik di atas, kini nggak ada alasan lagi untuk nggak bisa tampil stylish dengan batik! Yuk cintai warisan leluhur ini dengan membiasakan diri memakainya dalam berbagai kesempatan.

Baca Juga :