BERITA UNIK GAYA

Perhatiin Nggak Sih kalo Penumpang Pesawat Naiknya Selalu dari Kiri? Ini Lho Fakta Sebenarnya

Duniabola99– Ternyata di sebelah kanan pesawat seriweh ini!

Transportasi udara yang semakin prraktis kadang membuat para penumpangnya semakin terasa terlena. Pesen tiket tinggal scroll di layar HP, nggak perlu print boarding pass bahkan mau pensen mobil pengantar keluar masuk bandara juga tinggal modal klik di smartphone. Nah, karena semuanya terasa begitu mudah, pernahkah kamu penasaran sama fakta penerbangan?

Pernah bertanya-tanya nggak, kenapa penumpang pesawat itu selalu naik dari sisi sebelah kiri?

Kenapa penumpangnya nggak naik dari kanan atau dari dua sisi sekalian biar nggak ngantri panjang. Hemmm, ternyata itu ada sejarah panjangnya, lho. Maiah ingat lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut? Kalau belom ingat, googling, gih! Hehehehe. Ternyata oh ternyata sejarah pernerbangan itu ada hubungannya sama kapal dan pelabuhan. Jadi nih, pada tahun 1960-an, sebelum adanya jembatan jet, pesawat terbang seringnya diparkir di dekat dermaga.

Kapal yang ada di pelabuhan punya dayung sebelah kanan, biar nggak riwuh dan macet, makannya pesawat nurunin penumpang di sisi kiri.

Eits, tapi nggak cuma itu aja alasannya. Dengan memparkir pesawat di sebelah kiri juga memudahkan kapten dalam mengemudi. Nah, kebiasaan ini tetap diterapkan dalam merancang pesawat hingga kini. Masih nggak puas dengan alasan itu? Tenang dari segi teknis, ternyata ada fakta lain yang perlu kamu tahu, lho.