KESEHATAN

Konsumsi nasi dan makanan lain di jam ini agar tubuh tak jadi gemuk

Duniabola99.com – Dalam usaha penurunan berat badan, diet memainkan peranan vital untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tak hanya fokus pada pilihan makanan dan jumlahnya saja, waktu untuk mengonsumsi suatu makanan juga penting. Waktu yang tepat untuk konsumsi makanan ini diperlukan agar proses mencerna jadi maksimal. Karena makanan yang tidak dicerna dengan baik, bisa meninggalkan sisa yang membuat berat badan naik dan munculnya penyakit berbahaya lain.

inilah beberapa jenis makanan dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya agar tubuhmu tak menggemuk

Nasi
Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Bisa dibilang bahwa orang Indonesia belum kenyang jika belum makan nasi. Hal ini disebabkan karena nasi tinggi karbohidrat. Selain mengurangi jumlahnya, konsumsilah nasi untuk makan siang saja. Di malam hari, coret nasi dari menu makan malammu.

Sayur
Sayur, dikonsumsi dalam jumlah sebanyak apapun tak akan membuat tubuh jadi gemuk. Malahan, nutrisi di dalamnya penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Perbanyak makan sayur di siang dan malam hari. Hindari makan sayur sebagai menu sarapan.

Teh atau kopi
Lebih baik minum kopi dan teh setelah sarapan dan di sore hari. Hindari minum teh, terutama teh hijau saat perutmu sedang kosong sebab bisa mempengaruhi kesehatan levermu.

Yogurt
Kandungan bakteri probiotik dalam yogurt penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, jangan mengonsumsi yogurt ketika perutmu sedang kosong sebab bisa menyebabkan sakit perut.

Ikan
Ikan tinggi vitamin dan asam lemak omega 3 yang bisa memuaskan rasa laparmu dan mencegahmu untuk makan terlalu banyak. Sebaiknya, makan ikan untuk menu makan siang dan makan malam dengan dibarengi sayuran.

Ayam
Merebus ayam dengan sedikit garam, lada, dan minyak zaitun sangatlah cocok sebagai menu makan siang atau makan malam. Kandungan lemak tak jenuh di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. Sedangkan tingginya protein mampu menginduksi sistem tubuh.

Roti
Roti juga menjadi makanan yang populer dikonsumsi di Indonesia. Karena kebanyakan roti terbuat dari karbohidrat, maka kamu disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak dan terlalu sering. Pilih roti gandum yang lebih sehat dan konsumsi sebagai menu sarapan. Kamu tidak disarankan untuk makan roti di malam hari sebab bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Buah
Buah bisa dikonsumsi kapan saja, dari pagi hingga malam. Semuanya bergantung dengan kebutuhan nutrisi tubuhmu dan jumlahnya. Meski begitu, beri jarak setidaknya 30 menit dari konsumsi buah dengan makanan lain agar bisa dicerna tubuh lebih maksimal.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan begitu kaya nutrisi dan mampu bertindak sebagai pembangkit tenaga. Meski mengandung lemak namun tidaklah membahayakan tubuh. Waktu terbaik untuk makan kacang adalah di pagi hari karena berguna untuk mengendalikan tekanan darah dan kolesterol, selain memberikanmu suntikan energi. Kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai menu camilan.

Susu
Susu adalah minuman tinggi nutrisi karena mengandung kalsium, vitamin A, K, B12, potasium, natrium, dan fosfor. Susu akan memberikan lebih banyak nutrisi jika dikonsumsi pagi hari. Sementara minum susu di malam hari bisa membuat lebih rileks sehingga kamu akan terhindar dari insomnia.

Telur
Telur merupakan salah satu jenis makanan super sehat dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Telur baik dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun hindari makan telur di malam hari karena bisa membuat perutmu kembung.

Mie
Mie juga disukai hampir semua masyarakat Indonesia. Mie akan lebih sehat jika diolah dengan sayur dan protein hewani lainnya. Namun, hindari makan mie instan karena tingginya kalori dan sodium di dalamnya.

Mengonsumsi makanan sehat dengan waktu yang tepat juga bisa memberikanmu suntikan energi secara sehat. Semoga informasi tersebut bermanfaat!