BERITA LUCU,UNIK & INSPIRASI Gaya Kesehatan Lifestyle

Hobi Ngemil Tengah Malam Ternyata Bisa Merusak Daya Ingat

Duniabola99.com – Kadangkala kita merasa lapar saat tengah malam sehingga akhirnya mencari camilan. Meskipun memang bisa membuat perut menjadi kenyang kembali, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan ngemil di tengah malam kurang baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan, kebiasaan ini ternyata bisa merusak bagian hippocampusotak yang berperan besar dalam penyimpanan memori.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan memakai tikus, hewan yang aktif di malam hari, para peneliti memberi makan sebagian tikus ini di malam hari dan sebagian lainnya di siang hari, waktu dimana para tikus berada dalam kondisi istirahat. Setelah makan, para tikus ini dipisahkan dalam kandang khusus dan diberi kejutan. Esok harinya, tikus dikembalikan ke kandang dimana mereka mendapatkan kejutan. Tikus yang diberi makan pada malam hari akan menunjukkan tanda-tanda ketakutan saat ditempatkan di kendang tersebut karena ingat akan kejutan yang bisa jadi kembali menimpa mereka, sementara itu, tikus yang diberi makan saat waktu tidur cenderung tidak memberikan reaksi apapun.

Baca Juga : Inikah Tampang Oppo R13 yang Mirip iPhone X?

Para peneliti menyebutkan bahwa tikus yang makan pada waktu dimana mereka seharusnya tidur akan mengalami kondisi kekurangan protein CREB, salah satu protein yang berperan besar bagi jam biologis mahluk hidup dan membentuk memori. Hal ini ternyata akan berpengaruh buruk bagi kemampuan belajar sekaligus daya ingat.

Meskipun penelitian ini belum dilakukan pada manusia, ada baiknya kita mewaspadai kemungkinan dampak yang sama terjadi pada manusia jika kita ngemil di malam hari. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita sudah tidak lagi mengkonsumsi makanan apapun dalam waktu beberapa jam sebelum tidur hingga nantinya kita kembali bangun di pagi harinya.

Berita Menarik Lainnya :

3 Pesan Merry Riana buat kamu yang merasa salah jurusan kuliah

8 Meme ‘hantu film Indonesia’ ini bikin gagal serem saking kocaknya

 

Berita Terkini :