9 Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh Anda

9 Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh Anda

**Duniabola99.com–**Kuku merupakan bagian dari tubuh yang sering terabaikan. Padahal, penampilan kuku bisa menunjukkan segudang informasi mengenai kesehatan tubuh Anda, mulai dari warna, bentuk, dan tekstur kuku. Hal tersebut memiliki arti tersendiri yang menandakan sehat atau tidaknya seseorang.

Seperti dikutip dari Duniabola99, di bawah ini adalah 9 penampilan kuku jari dan hubungannya dengan kesehatan Anda:

1. Kuku pucat

Warna kuku pucat mengindikasikan seseorang mengalami anemia, kurang gizi, penyakit gagal jantung, dan penyakit hati.

2. Kuku kuning

Kuku kuning umumnya menandakan penuaan dan kebiasaan buruk seperti merokok dan terlalu sering menggunakan cat kuku. Jika kuku jari tersebut juga tebal dan rapuh, bisa juga karena infeksi jamur. Masalah lain yang terkait dengan kuku kuning termasuk tiroid, diabetes dan masalah pernapasan.

3. Garis kuku berwarna gelap

Garis kuku yang berwarna gelap merupakan tanda dari melanoma, jenis kanker kulit yang paling mematikan. Segera konsultasikan dengan dokter jika anda menemui masalah ini.

4. Clubbing

Kuku clubbing adalah kondisi di mana jaringan di bawah kuku yang menebal dan ujung jari membulat dan membengkak. Ujung kuku bertumbuh ke arah dalam mengikuti bentuk ujung jari.

Clubbing diduga sebagai hasil dari peningkatan aliran darah ke ujung jari, merupakan kondisi turunan dan tidak berbahaya. Namun jika Anda tiba-tiba menyadari adanya kelainan ini, clubbing bisa jadi tanda kurangnya kadar oksigen dalam darah dan berhubungan dengan penyakit paru-paru, sirosis, atau kanker.

5. Kuku kering, retak atau rapuh

Kondisi kuku seperti ini biasanya terkait dengan infeksi jamur atau penyakit tiroid, namun juga dapat mengungkapkan kekurangan vitamin A, B atau C.

6. Kuku sendok

Jika kuku jari Anda terlihat seperti sendok, lempeng permukaan kuku menjorok ke dalam dan ujung-ujungnya bertumbuh ke arah luar, mungkin Anda kekurangan zat besi, penyakit jantung atau hipotiroidisme.

7. Kuku berlubang atau berlekuk

Lubang-lubang kecil atau lekukan tidak rata di permukaan kuku bisa menjadi tanda dari psoriasis, eksim, sindrom Reiter, alopecia areata, atau artritis reaktif.

**8. Garis putih horizontal **

Garis-garis horizontal di permukaan kuku atau Beau’s lines bisa berarti psoriasis, diabetes yang tidak dikontrol, masalah sirkulasi darah, defisiensi zat besi parah, atau reaksi terhadap obat-obatan tertentu (seperti kemoterapi).

9. Garis vertikal

Garis-garis vertikal adalah tanda alami dari penuaan. Garis-garis ini akan semakin jelas terlihat seiring bertambahnya usia dan bukan termasuk kondisi medis yang perlu dikhawatirkan. Pada kasus tertentu, garis vertikal di kuku mungkin diakibatkan oleh defisiensi B12 dan magnesium.

Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.